Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

5 Cara Nutrisi Dapat Membantu Sistem Imun Anda Melawan Coronavirus

Jika patogen melewati pertahanan ini, ia harus melawan sel darah putih atau sel kekebalan tubuh. Selain kandungan selenium, kandungan zinc di dalam daging dan kacang-kacangan memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tapi sebelum dikonsumsi, jangan lupa memasak daging hingga matang supaya bakteri dan virusnya mati saat proses pemasakan. Buah yang enak untuk dibuat jus ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Umumnya, penderita akan bisa perlahan pulih dalam kurun sekitar 7 hari. Dengan demikian, sistem imun tubuh berhasil menang dari serangan virus dalam tubuh. Reaksi perlawanan sistem imun tubuh ini terjadi karena pelepasan kimia sitokin, sejenis protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh, untuk melakukan berbagai fungsi dan penanda sinyal sel. Jika virus corona membuat batuk kering dan sulit memproduksi dahak, sitokin akan berusaha memproduksi lendir dalam bentuk batuk berdahak atau ingus. Ini sebabnya bodily distancing atau menjaga jarak sangat dianjurkan untuk menurunkan kemungkinan infeksi virus corona. Mencuci tangan hingga bersih yaitu minimal durasi 20 detik di bawah air mengalir juga harus terus digalakkan supaya virus tidak berpindah ke space wajah dan menyerang sistem imun tubuh manusia.

Makanan untuk melawan Covid

Brokoli dikemas dengan kandungan phytochemical dan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Tentunya dengan mengonsumsi buah semangka dapat membantu tubuh kamu agar tidak cepat merasa lelah dan mendapatkan energi untuk beraktivitas. Anda juga bisa menambahkan buah strawberry serta yogurt yang bisa jadi sumber magnesium dan probiotik, dimana dapat membantu sel mempertahankan penghalang antimikroba. Dalam campuran jus buah ini terdapat vitamin A, C, B-6, zinc, dan folat. Sebagai bantuan untuk meningkatkan asupan vitamin D, kamu harus konsumsi ikan seperti salmon, sarden, pilchard, trout, herring, kippers, dan belut yang mengandung vitamin D. Oh ya, sereal sarapan dan yogurt juga bisa jadi menu sarapanmu untuk menambahkan vitamin D.

Curcumin nebhadu sebagai modulator imun akan membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh melawan kanker. Lalu, zatlipopolysaccharidedalam kunyit terkenal juga akan sifat anti-bakteri dan antivirus. Tubuh kita pasti memiliki sistem imun yang mengelola daya tahan tubuh. Namun, faktor usia, gaya hidup, kondisi kesehatan dan penggunaan obat-obat tertentu dapat mempengaruhi leveldaya tahan tubuh.

Hingga saat ini, belum tersedia vaksin yang bisa mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Inilah yang menyebabkan Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau agar masyarakat Indonesia senantiasa menjalankan hidup bersih serta selalu menjaga daya tahan tubuh. Di Indonesia sendiri, sudah lebih dari 1.000 orang positif terkena COVID-19.