Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Nutrisi Tepat Bantu Tingkatkan Imun Tubuh Hadapi New Normal

Dikutip dari Kids Health Organization sistem imun merupakan sebuah sistem pertahanan tubuh untuk melawan dari segala radikal bebas dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun sendiri merupakan sel darah putih yang berperan untuk mencari dan menghancurkan virus yang berada di dalam badan. Tak ada yang meragukan manfaat vitamin C dalam meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu yang bisa jadi pilihan saat ini adalah mengonsumsi minuman sehat, yang secara ilmiah terbukti baik langsung atau tidak langsung dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Makanan selanjutnya yang bisa membantu menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan imunitasnya adalah susu. Daya tahan tubuh yang kuat sering dikaitkan dengan pemenuhan asupan vitamin C.

Vitamin C di dalamnya juga otomatis membuat cabai merah mengandung antioksidan penangkal radikal bebas. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak dan juga bahan minuman yang mampu menghangatkan tubuh. Khasiat dari jahe bukan hanya dari sifatnya yang menghangatkan tapi memiliki kandungan-kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak perlu khawatir, ada beberapa tanaman natural yang bisa Anda coba untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut daftar tanaman natural yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi siapa saja untuk memenuhi durasi tidur masing-masing. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang disarankan, yakni 7-9 jam tiap malam demi kesehatan tubuh. Melansir buku 50 Resep Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , karya Lenny Jusup, cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan penerapan pola hidup sehat. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Menaikan sistem imun

Jadi, coba cukupi kebutuhan cairan harian kamu ya agar tidak mudah jatuh sakit. Bawang bombay mengandung flavonoid yang disebut quercetin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Quercetin dikenal karena sifat antivirus dan anti-inflamasinya yang membantu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap patogen. Sebuah penelitian mengatakan orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah cenderung tidak mudah terserang penyakit. Jadi, usahakan konsumsi sayur setiap makan siang dan malam, serta buah untuk sarapan. Virus Corona sangat rentan menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Ternyata, kandungan vitamin C di kulit jeruk tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan di dalam buahnya. Kulit jeruk juga kaya senyawa antioksidan polifenol yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan. Seperti diet yg sehat, olahraga dapat membantu untuk kesehatan secara umum, termasuk sistem imun. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yg baik, yang memungkinkan sel dan bagian dari sistem imun untuk menyebar ke seluruh tubuh dengan baik dan melakukan tugasnya dengan efisien.

Mengonsumsi vitamin dan suplemen saja tidak cukup, pola makan yang sehat juga dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Langkah pertama untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan makan secara teratur dan tepat waktu. Sebab, saat Anda memiliki imunitas tubuh yang kurang baik, maka asupan vitamin dan mineral bisa membantu kondisi tubuh cepat pulih. Suara.com – Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh Anda di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Tak hanya itu, ketika cuaca sedang panas, maka kamu juga perlu untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, apabila kamu kekurangan air maka akan lebih mudah untuk terjadi dehidrasi. Untuk itu, selama masa pandemi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel mengenai pemberitaan virus corona ini. Dengan begitu, kamu pun tidak akan mudah untuk termakan hoaks atau berita tidak benar yang tersebar di media sosial. Dilansir dari laman Health Harvard , Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting adalah dengan mendapatkannya langsung dari makanan.

Namun saat wabah virus corona terus meningkat, kepopuleran echinacea semakin meningkat. Kandungan antioksidan dan caffeic acid yang terdapat di dalamnya mampu untuk menguatkan sistem imun pada tubuh Anda. Selain itu warna kulit Anda juga akan menjadi lebih pucat dan terlihat tidak segar. Dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah bisa membuat tubuh menjadi tercukupi kebutuhan vitaminnya. Sistem imun yang sehat bisa terpancing dari asupan vitamin yang ada pada tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi buah bisa merangsang kesehatan syaraf badan Anda.

Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan air bersih dan sabun adalah cara yang efektif untuk melindungi dari infeksi virus. Menurut CDC, mencuci tangan yang benar dapat menyebabkan penurunan persen penyakit pernapasan, seperti pilek dan flu. Jika sabun tidak tersedia, seseorang dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Sebuah penelitian mengatakan bahwa cengkeh bisa meningkatkan respons imun humoral yang membantu mengikat virus dan bakteri serra menetralkannya. Rendam beberapa irisan bawang bombay dalam air selama sekitar 7 sampai eight jam.

Salah satu makanan yang masuk dalam kategori sayur ini sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh. Selain mengandung sejumlah vitamin dan mineral, brokoli juga tinggi antioksidan. Sebaiknya, jangan terlalu lama memasak brokoli karena akan menghilangkan beberapa nutrisi di dalamnya. Harga kunyit dan jahe di pasaran melonjak drastis setelah diinformasikan memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh alias imunitas manusia. Imunitas memang diperlukan untuk menangkal berbagai penyakit, salah satunya ialah serangan virus corona alias COVID-19. Kondisi stres juga cenderung meningkatkan kemungkinan individu untuk terkena penyakit infeksi.