Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Pemerintah Sampai Saat Ini Belum Tetapkan Harga Vaksin Mandiri

CEO dan founder Klinik Pintar IDI, Harya Bimo, mendukung wacana Pemerintah Indonesia mengadakan opsi vaksinasi Covid-19 secara gotong royong yang akan diselenggarakan melalui perusahaan-perusahaan swasta di dalam negeri. Menurutnya, opsi ini akan membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai goal pelaksanaan vaksinasi dalam kurun waktu secepat-cepatnya. Menurut Kepmenkes itu, produk farmasi tersebut akan digunakan untuk vaksinasi yang dilakukan pemerintah secara free of charge.

Tidak disebutkan jenis vaksin untuk Covid-19 itu dan berapa harganya, tapi tawaran itu mengatasnamakan beberapa rumah sakit dan klinik di beberapa kota besar di Indonesia. Kedua, dalam Pasal 1 ayat 5 disebutkan bahwa pendanaan vaksinasi corona atau Covid 19 ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan enam jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia.

Melihat banyaknya kesalahpahaman yang timbul atas informasi tersebut kami memutuskan untuk menarik informasi tersebut. Namun, informasi tersebut telah dicabut karena terjadi kesalahpahaman dan RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin. Melalui keterangan resminya, PT Pertamin Bina Medika selaku holding yang menaungi RS Pelni menyatakan, daftar harga pelayanan vaksin Covid-19 itu benar dikeluarkan RS Pelni pada Selasa 2 Februari 2021. Darmawan menuliskan, harga sejumlah vaksin yang tertera di infografis tersebut akan mulai berlaku beberapa bulan ke depan.

“Besaran tarif maksimal untuk pelayanan vaksinasi gotong royong ini akan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Nadia. Regulasi yang sama sekaligus mengatur bahwa pengadaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong dilakukan oleh Kementerian BUMN melalui PT Bio Farma. “Kami sudah bicara juga dengan mereka (baca. perusahaan farmasi swasta Nasional), ini masih dikoordinasikan dengan pemerintah untuk regulasinya bagaimana swasta diperbolehkan untuk impor langsung,” ungkapnya. “Harganya tak lebih dari Rp 1 juta untuk satu dosisnya yang bisa diterima oleh pelaku usaha.

Karena itu, kata Budi seperti dikutip Tempo, “Pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut.” Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 pasal 23, besaran tarif maksimal vaksinasi gotong royong ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Biaya vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan fasilitas pelayanan swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. “Untuk waktu vaksinasi juga belum bisa ditentukan, seiring dengan ketersediaan vaksin dan harganya itu semua masih nunggu kabar dari pemerintah,” tambah Shinta. “Untuk harga vaksin belum bisa ditentukan karena kita masih menunggu harga resmi dari pemerintah” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani dikutip dariMediaindonesia.com, Rabu, 24 Maret 2021.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan no. 9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Ia juga meminta pemerintah meningkatkan intensitas edukasi dan sosialisasi mengenai vaksin COVID-19. Menurut dia, edukasi dan sosialisasi mengenai vaksin penting dilakukan agar masyarakat bersedia divaksin sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. Honesti mengatakan perseroan berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin COVID-19 dengan harga terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia. Di mana pemerintah wajib mengambil tanggung jawab penuh atas kesehatan masyarakat. “Untuk vaksin berbayar ini batas atasnya kira-kira Rp100 ribu rupiah sesuai standar yang dikeluarkan WHO dan benchmarking yang kita terima,” katanya, dalam konferensi pers, Senin, 14 Desember.

Harga vaksin mandiri

Diberitakan sebelumnya, pada Oktober 2020, Bio Farma telah menetapkan harga vaksin Covid-19 Sinovac sekitar Rp 200.000 per dosis. Sesuai dengan Peraturan Presiden berkaitan dengan pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19, IHC dan Grup RS di bawahnya tidak memiliki wewenang dalam pengadaan vaksin. Seluruh program vaksin adalah di bawah kewenangan Kementerian Kesehatan dan sampai saat press launch ini diterbitkan belum ada peraturan resmi berkaitan dengan program vaksin mandiri. VIVA – Presiden Jokowi memerintahkan jajaran di bawahnya segera menyiapkan biaya vaksin mandiri COVID-19.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan , Budi Gunadi Sadikin, mengatakan dari whole 426 juta dosis vaksin yang akan dibeli, 275 juta dosis sudah terkonfirmasi jadwal pengirimannya dan 151 juta dosis belum terkonfirmasi. Meskipun begitu, Edy mengungkapkan beberapa perusahaan sudah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program vaksin Gotong Royong melalui Kadin Karanganyar. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi (Kemenristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan kemungkinan besar harga vaksin merah putih akan lebih murah daripada vaksin yang diimpor untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun para pengusaha berharap agar harga per dosisnya tidak lebih dari Rp1 juta.

Jakarta (Lampost.co) — Pemerintah masih menimbang tarif vaksin virus covid-19 berbasis mandiri. “Karena itu Vaksin Merah Putih harus dilakukan, harga vaksin sekarang dinamika, dan apakah tadi yang dinamakan vaksin jadi bantuan pemerintah, pemerintah menghitung vaksin. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa faktor yang menyebabkan perbedaan harga vaksin juga bergantung pada faktor biaya penemuan vaksin, kapasitas produksi yang terbatas.

Efek samping itu biasanya mulai dalam satu atau dua hari setelah mendapatkan vaksin. Gejala ini mungkin terasa seperti gejala flu dan bahkan memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan tingkat efikasi mencapai ninety four,5 persen, vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada 18 Desember 2020. Mereka melaporkan bahwa respons antibodi yang dibuat oleh vaksin Sinopharm hanya sedikit lebih lemah terhadap B.1.351.