Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Penanganan Virus Corona Di Indonesia

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Anung Sugihantono juga menyatakan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik menghadapi penyebaran wabah virus corona. Menghindari kerumunan juga harus diiringi dengan jaga jarak saat bertemu orang lain, memakai masker saat keluar rumah, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Menghindari kerumunan juga dapat melindungi orang rentan seperti lansia dan orang dengan penyakit kronis.

Karena pembatasan-pembatasan dengan maksud agar penyebaran pandemik CoronaVirus tidak meluas. Berikut Bola.commerangkum indikasi seseorang terinfeksi virus Corona dan langkah pertama yang perlu dilakukan, seperti dilansir dari Liputan6, Selasa (24/3/2020). Pemerintah Indonesia juga meminta warga bertanggung jawab atas diri sendiri, seperti halnya mengetahui tanda-tanda terinfeksi virus Corona.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa orang tanpa gejala dapat menularkan virus ini namun belum diketahui seberapa sering penularan dengan cara tersebut terjadi. WHO terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran COVID-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru. Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome dan Severe Acute Respiratory Syndrome . Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

Masker kain, meski tak seefektif masker medis, dianggap sebagai langkah pencegahan daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Alasan rekomendasi ini karena perkembangan terbaru menunjukkan, penularan virus corona bisa terjadi dari orang tanpa gejala . Oleh karena itu, penggunaan masker merupakan langkah perlindungan diri sendiri dan orang lain. Rekomendasi penggunaan masker kain juga memiliki alasan tersendiri, yaitu agar stok masker medis bisa digunakan semaksimal mungkin bagi para pekerja medis yang lebih membutuhkan. Rekomendasi untuk isolasi mandiri ini juga akan meringankan beban tenaga medis.

Gejalanya yang samar dan penularannya yang cepat membuat banyak orang was-was untuk bepergian, terutama menggunakan transportasi umum atau ke tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selalu pastikan konsumsi suplemen kesehatan yang tepat. Suplemen tersebut mampu memberikan asupan vitamin dan kandungan lain untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika kondisi tubuh kurang match, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk keluar rumah. Lebih baik pilih untuk tinggal di rumah untuk memulihkan kondisi fisik agar kembali prima.

Langkah tepat jika terkena Covid

Oleh karena itu sangat penting untuk rajin mencuci tangan dengan baik dan benar. Kamu bisa memilih mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau dengan air dan sabun. Selalu tetap bersikap tenang dan tidak sampai memiliki ketakutan berlebihan atas virus corona. Namun dengan tetap tenang dan melakukan sejumlah tingkat pencegahan, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika misalnya ada orang yang batuk atau bersin, kamu sebaiknya juga menjaga jarak agar tidak sampai terkena percikan ludah.

Jika kondisinya padat dan susah menjaga jarak, posisikan tubuh Anda membelakanginya. Padahal, beberapa pekerjaan tertentu atau perusahaan tetap mengharuskan pekerjanya untuk bekerja di luar rumah. Apakah Anda termasuk yang harus bekerja di luar rumah dalam situasi seperti ini? Karena, kepanikan bisa membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih dan mengambil sikap yang tepat. Ada sejumlah ideas perlindungan diri dari virus corona saat bekerja di luar rumah yang bisa Anda terapkan.