Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Perhatian Lebih Untuk Lansia, Vaksinasi Bisa Dekat Rumah

Setelah peserta mengisi information di web site tersebut, seluruh information peserta akan masuk dinas kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Mulai pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik.

Vaksin bagi lansia

Bakal didistribusikan ke 4150 sasaran yang ada di seluruh wilayah Kota Mojokerto. “Jumlah lansia Kota Mojokerto saat ini sebanyak 17 ribu jiwa,dengan masih terbatasnya jumlah vaksin, maka distribusi vaksin Covid-19 untuk sasaran lansia di seluruh wilayah kelurahan akan dilakukan secara proporsional. Lurah yang menentukan sasaran lansia yang diprioritaskan untuk vaksinasi,” katanya. Dengan dua dosis vaksin per sasaran, vaksin tahap dua termin ketiga dapat disitribusikan untuk 4150 sasaran,” tuturnya. Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan bus Transjakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh.

“Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia akan dimulai dari tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun, kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi untuk lansia yang bukan tenaga kesehatan . Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan.

“Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat,” ujarnya. Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada zero dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian zero dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian zero dan 14 hari. BPOM memiliki hak untuk meninjau atau melakukan evaluasi aspek manfaat dan keamanan vaksin berdasarkan bukti terbaru. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira one hundred sampai 200 meter, atau penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun.

“Alhamdulillah, selama vaksinasi ini, KIPI sedang hingga berat tidak ada,” katanya. Berdasarkan pengamatan Lokadata.id di lokasi ketika tiba pukul 11.00 siang, proses vaksinasi yang dilaksanakan di halaman depan rumah sakit berjalan tertib. Penerima vaksin menunggu di tempat duduk yang disediakan dan sudah dibuat berjarak satu sama lain.