Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Sehat

Tetap berkomunikasi dengan dokter Anda, dan hubungi sebelum Anda mendapatkan perawatan medis. Droplet juga bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin.Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama.

“Pasien yang menderita Covid-19 sebagian besar (ninety%) akan sembuh dengan penatalaksanaan yang baik. Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah imunitas tubuh kita berperan penting dalam mengeliminasi virus tersebut,” ujarnya. Konsultan kesehatan masyarakat dari Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives dr. Nurul Nadia Luntungan menjelaskan, Covid-19 hampir sama seperti virus flu lainnya, yang dapat sembuh dengan sendirinya. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, membersihkan tangan secara rutin, mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir, dan lakukan etika batuk/bersin. Jika memungkinkan, upayakan menjaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga lain. Faktanya, kata Yaya, sapaan akrabnya, berbanding terbalik dengan insiatif rakyat yang sudah berjalan.

Langkah tepat jika terkena Covid

Kini dunia termasuk Indonesia, harus berhadapan dengan virus ini. Perlu purus rantai agar virus yang kali pertama muncul di Wuhan, Tiongkok, ini tak meluluh lantakkan kearifan lokal warga di pedesaan. Usap punggung jari ke telapak tangan yang berseberangan dengan jari saling bertautan. Bayangkan, selama aktivitas harian kamu dalam 24 jam sehari, waktumu lebih banyak dihabiskan di kantor, kampus, dan dalam perjalanan.

Dokter akan memberi tahu segala hal mulai dari obat-obatan yang perlu Anda minum, perubahan pola makan yang diperlukan dan segala perawatan yang perlu Anda ikuti. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 9.212 orang sehingga menjadi sebanyak 1.151.915 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 159 orang menjadi sebanyak 36.325 orang.

Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Lihat langkah-langkah perlindungan dasar terhadap coronavirus baru untuk informasi lebih lanjut. Saat ini, tidak ada cukup bukti untuk menyarankan atau mencegah penggunaan masker oleh orang sehat di masyarakat. Namun, WHO secara aktif terus mengikuti pengetahuan yang terus berubah mengenai penggunaan masker dan terus memperbarui panduannya.

Tetapi istilah isolasi mandiri untuk orang sakit, sementara kalau sehat, dinamakan karantina mandiri. Manfaatnya bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak gampang terserang virus berbahaya. Jika kamu sedang merasa tidak sehat, kamu dapat menggunakan masker untuk perlindungan mencegah penyakit corona. Masker N95 lebih direkomendasikan sebab masker ini memiliki kemampuan proteksi yang sangat kuat. Jakarta, CNBC Indonesia – Menurut World Health Organization ,virus coronaCOVID-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona.

Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi COVID-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernapas. Orang-orang lanjut usia dan orang-orang dengan kondisi medis penyerta seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan paru-paru, diabetes, atau kanker memiliki kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius. Namun, siapa pun dapat terinfeksi COVID-19 dan mengalami sakit yang serius. Orang dari segala usia yang mengalami demam dan/atau batuk disertai dengan kesulitan bernapas/sesak napas, nyeri/tekanan dada, atau kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak harus segera mencari pertolongan medis. Jika memungkinkan, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan terlebih dahulu, sehingga pasien dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan yang tepat. Pasien yang sudah sembuh dari virus corona pun bisa terinfeksi kembali.

“Penting untuk tidak saling membuat takut di setiap kesempatan,” kata Kumi Smith, Ph.D, asisten profesor epidemiologi dan kesehatan komunitas di University of Minnesota, Amerika Serikat. Memberitahu kondisi yang sesungguhnya lebih baik dibanding tidak sama sekali. Dengan mengabari orang-orang yang berkontak fisik, Anda bisa bantu memutus rantai penularan.

Ketika hasil PCR keluar di tanggal 5 Juli, suami Femy dinyatakan positif COVID-19. Saya mengatur agar PCR anak dan pengasuh dilakukan di rumah agar dia tidak perlu dibawa ke rumah sakit dan lama menunggu hasil di sana karena saya merasa itu tidak aman,” tutur Femy. Usai sang anak dan pengasuhnya menjalani tes PCR, Femy memboyong mereka ke kediamannya sedangkan ia dan suami tetap tinggal di rumah dinas. Setelah mengungsikan sang anak dan memastikan kebutuhan makanan dan lain sebagainya bagi mereka, Femy kembali fokus mengurus sang suami.

Masker bertujuan sebagai perlindungan tambahan untuk meminimalisir risiko paparan dari penyebaran lewat udara. Bahkan, informasi terkini dari WHO menyebutkan virus ini dapat bertahan di udara dalam beberapa jam setelahnya. Anda akan dikeluarkan dari ruang isolasi jika pemeriksaan sampel 2 kali berturut-turut hasilnya negatif. Di RS rujukan, akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium dan dirawat di ruang isolasi. Protokol yang diterbikan Pemerintah Indonesia yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawasan Perbatasan, Protokol Area Pendidikan, dan Protokol Area Publik dan Transportasi. Protokol tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan.