Studi Terbaru Buktikan Vaksin Sinovac Aman Untuk Lansia

Written by Lesai on July 22, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Yang pertama adalah kelompok yang berisiko tinggi untuk tertular virus, dalam hal ini para tenaga kesehatan, dan yang kedua adalah semua golongan yang berisiko tinggi mengalami kematian, dalam hal ini lansia 60 tahun ke atas dan punya penyakit penyerta. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per one hundred orang (posisi 4/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai sixty two per a hundred penduduk. Sekitar 6,eight juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal free of charge.

Pasalnya, terdapat beberapa penyakit bawaan yang membuat lansia tidak dapat menerima vaksin Covid-19. PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia atau lansia yang berusia diatas 60 tahun. Selama menjalani proses skrining, lansia wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi maupun interaksi. Pastikan juga lansia telah melakukan pendaftaran dengan dua pilihan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi. Menkes Budi Gunadi Sadikin menilai pelaksanaan vaksinasi massal di pusat perbelanjaan bisa menggerakkan ekonomi.

Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, data dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat. Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Etik mengatakan vaksinasi terhadap warga lansia melibatkan kader posyandu di masing-masing wilayah. Mereka menyisir warga lansia dengan mendatangi secara langsung dan mengajak warga lansia untuk mengikuti program vaksinasi. Pensiunan Dinas Kehutanan Kabupaten Gorontalo itu menyebut vaksinasi sebagai ikhtiar menjaga kesehatan diri.

Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada website bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. Sementara dari hasil uji klinik fase three di Brazil dengan subjek lansia sebanyak 600 orang, diperoleh hasil bahwa pemberian vaksin CoronaVac pada kelompok usia 60 tahun ke atas aman, tidak ada kematian dan efek samping serius derajat 3 yang dilaporkan. Sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan program vaksinasi Corona masih difokuskan kepada sasaran nakes, petugas layanan publik, lansia, dan tenaga pendidik. Mulai pekan kedua Februari 2021, vaksinasi Covid-19 memasuki tahap II untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga senior ibu kota di 34 provinsi, khususnya di Jawa–Bali. JawaPos.com – Para warga lanjut usia di Sidoarjo masuk kuota vaksinasi tahap kedua. Namun, hingga Minggu (11/4) persentase warga lansia yang mengikuti vaksinasi masih minim.

Vaksin bagi lansia

Pemberian vaksin Sinovac ini adalah jenis vaksin in-aktif , yaitu virus atau bakteri yang dimatikan dengan suhu panas, atau bahan kimia dan perlu dilakukan pengulangan seperti halnya vaksin flu. “Dalam penerapan vaksinasi, perlu dilakukan beberapa tahap pemeriksaan dan riwayat penyakit sebelumnya. Untuk individu dengan penyakit kronis diperlukan evaluasi lanjutan,” kata Dokter Sherrvy Eva Wijayaningrum M. Biomed,Sp.PD, dari Siloam Hospitals Jember, dikutip Selasa 23 Februari 2021.

Berdasar hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari. Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Mengalami kesulitan berjalan kira-kira a hundred sampai 200 meter, atau penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun. Nantinya, pemberian vaksin Sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu yang berbeda antara dosis pertama dan kedua. KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan. Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID.

Lansia dapat mendaftar sendiri atau dibantu orang lain dengan mengisi formulir pendaftaran melalui situs atau Untuk saat ini di Kabupaten Klaten pendaftaran vaksinasi lansia dilakukan oleh Tim Satgas Covid tingkat Desa/ Kelurahan. Peserta yang mendapat jatah vaksin dan lolos skrining awal akan mendapat vaksin pertama dan kedua dengan jarak 28 hari. Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia. Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan four hundred orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia. Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik.

Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikan booster dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya. “Kalau status gizinya baik dan pola hidupnya sehat, kekebalan tubuh lansia akan semakin kuat sehingga vaksin influenza untuk lansia menjadi lebih efektif,” jelasnya dalam wawancara bersama tim Hello Sehat. Biasanya, vaksin untuk lansia ini dokter berikan dalam dua tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida.

Comments are closed.