Wakil Ketua Dprd Kota Bandung Minta Vaksin Covid

Written by Lesai on July 23, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Corona (Covid-19) diketahui telah mengalami beberapa kali mutasi dari bentuk aslinya. Kondisi ini disebut bisa berpengaruh pada efektivitas vaksin Covid-19 apabila virus mengalami perubahan drastis. Untuk Kutai Barat saat ini vaksin masih dalam pengiriman dari provinsi, setelah datang nanti akan disalurkan keseluruh puskesmas yang berada di Kutai Barat. “Apabila masyarakat ingin vaksin bisa mendatangi layanan kesehatan terdekat,” pungkasnya. penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

Muncul pula penolakan vaksinasi karena alasan teori konspirasi, curiga bahwa vaksinasi adalah agenda tersembunyi dari suatu negara untuk mengambil keuntungan dari negara lain. “Jadi masyarakat kita harus terus-menerus diberi pengetahuan tentang penyakit apa saja yang berhasil dicegah dengan imunisasi. Jangan sampai nanti lupa lalu menghindari vaksin sehingga muncul kembali penyakit-penyakit lama,” tuturnya. Di daerah, percepatan dilakukan dengan menyiapkan segala infrastruktur yang dibutuhkan, mulai dari fasilitas kesehatan, pengadaan vaksinator, hingga monitoring. Vaksin bukanlah obat untuk menyembuhkan COVID-19, tapi amat penting dalam upaya mengakhiri pandemi Corona.

‘’Ini memberikan sinyal positif bahwa Vaksin Gotong Royong sudah dimulai dan memang sudah dilakukan pendaftaran dalam beberapa bulan terakhir. Ini juga untuk mengakselerasi tercapainya herd immunity, dan tentunya Gotong Royong ini menunjukkan korporasi burden sharing dengan pemerintah, di mana produktivitas karyawan ditanggung mereka,’’ jelasnya. Menurut Agusmandar, sepekan terakhir, hanya hitungan jari penambahan pasien positif.

Vaksin dapat menangani Covid

Mengenai tantangan pengembangan vaksin di Indonesia, Menristek menyampaikan hanya memiliki satu pabrik vaksin, yaitu Biofarma, yang sanggup memproduksi vaksin dengan 2 platform yaituin-activity virusseperti Sinovac, dan protein rekombinan. Sedangkan, pasien yang tidak divaksinasi belum memberikan perubahan positif apa pun. Mereka mengamati forty four pasien post-acute COVID-19 syndrome yang telah mendapatkan vaksinasi dan 22 pasien yang belum disuntik vaksin. Pelaksanaan distribusi vaksin dipastikan sudah sesuai dengan cara distribusi obat yang baik sehingga vaksin dapat diterima oleh masyarakat. Itu terbukti dari banyaknya kegiatan imunisasi yang sudah dilakukan sejak 1974, dengan 22 juta anak Indonesia yang juga diimunisasi setiap tahun.

“Tugas menangani covid ini cukup berat, dan tidak cukup dapat dilakukan secara ekslusif oleh Kemenkes, harus inklusif bekerjasama dengan lembaga dan organisasi lain. Pendekatan pencegahan Covid-19 tidak cukup hanya dengan program, namun juga harus diikuti dengan Gerakan. Maka dengan kerendahan hati kami tidak mampu menangani covid-19 ini sendirian, dan membutuhkan bantuan organisasi lainnya, secara khusus dengan Muhammadiyah,” tutur Budi.

Setelah vaksin COVID-19 sampai di SPH pada Jumat (13/1) lalu Lalu untuk pemberian suntik vaksin dilakukan saat kegiatan launching Vaksinasi COVID-19 pada hari senin 18 Januari 2021. Untuk kegiatan vaksin tersebut, SPH menyiapkan 4 meja di ruangan yang berbeda, 4 meja itu terdiri dari Pendaftaran, Screening, Suntik vaksin dan Observasi pasien. “Kita berharap semoga dimulainya vaksinasi pada nakes di SPH ini dapat menjadi edukasi kepada masyarakat agar tidak perlu merasa takut untuk divaksin COVID-19,” ujarnya.

Layaknya obat dan vaksin lainnya, pengembangan vaksin COVID-19 harus melalui tiga tahap uji klinis. Setelah memenuhi ketiga tahap uji klinis tersebut dan dinyatakan efektif serta aman digunakan, vaksin COVID-19 baru bisa mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Imunisasi adalah suatu upaya untuk membentuk atau meningkatkan kekebalan tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak, terhadap suatu penyakit. Tujuan pemberian imunisasi adalah untuk mencegah penyakit tertentu atau menghindari risiko munculnya gejala yang berat saat terserang suatu penyakit. Menurut Rizal, karena vaksin bukan satu-satunya solusi untuk memulihkan ekonomi, pemerintah perlu mengubah strategi penanganan pandemi. Di saat bersamaan, kesadaran warga terhadap protokol kesehatan mesti semakin tinggi.

Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin. Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot. Pada tataran nasional, Indonesia telah membentuk konsorsium untuk mempercepat penemuan vaksin covid-19 yang dinamakan Vaksin Merah Putih.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Indonesia dan badan-badan sejenis di seluruh dunia mempunyai otoritas untuk memberikan izin penggunaan obat, termasuk vaksin baru, dalam keadaan darurat. Ini berarti kelompok yang mendapat vaksin mengalami sakit 80% lebih sedikit daripada yang tidak mendapat vaksin. Vaksin terbaik diukur dari sudut keamanan, efek samping, pembentukan antibodi dan efikasinya.

Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin COVID-19 terlebih dahulu. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Itu berarti, kita harus melengkapi “senjata” untuk melawan vaksin ini dengan melakukan langkah pencegahan. “Meskipun vaksin memang meminimalisir kemungkinan jatuh sakit, manfaatnya akan efektif jika kita juga melakukan tindakan pencegahan,” ujar Abunasser.

Comments are closed.