Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bisa Tetap Sehat Saat Pandemik

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi. Sinar matahari pagi dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mampu melawan virus.Covid-19 merupakan wabah yang terus meningkat setiap hari berbagai upaya dilakukan dalam mencegah penularannya.

Namun, tetap dampingi dengan konsumsi air putih yang rutin untuk mendukung peran serat makanan dalam tubuh. Tomat adalah salah satu buah tinggi vitamin C dan folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi. Supaya imunitas tubuh tetap terjaga optimal, terutama di musim pancaroba selama pandemi ini, Anda bisa minum jus jeruk. Berikut daftar jus buah dan sayur sebagai minuman penambah imun tubuh yang bisa Anda coba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Jika Anda tidak terbiasa dengan makanan-makanan pedas, mungkin dapat mulai membiasakan diri. Karena kebanyakan mengkonsumsi cabai merah bisa mengganggu sistem pencernaan. Khasiat dari tanaman ini antara lain meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan mual, dan kelebihan gas dalam pencernaan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jahe agar kondisi tubuh Anda tetap prima.

Menaikan sistem imun

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Ketika kita rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh kita. Sel darah putih juga berfungsi dalam melawan berbagai penyakit penyebab infeksi. Sehingga, dengan kamu rutin berjemur, kekebalan tubuh kamu juga akan meningkat. Meskipun awalnya tidak banyak dikenali, echinacea merupakan salah satu herbal yang terbukti ampuh untuk mengatasi flu dan batuk.

Toksisitas juga bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dan ketidakseimbangan zat kimia pada tubuh. Dampak buruk lain dari merokok adalah meningkatkan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, serta komplikasi kesehatan lainnya. Rutinitas food regimen sehari-hari memiliki faktor penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah makanan sehat dan penuh nutrisi, serta hindari makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan sodium.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, suplemen vitamin C juga bisa meningkatkan jumlah antibodi yang diproduksi oleh tubuh. Mengonsumsi air putih secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena air membawa oksigen ke sel-sel tubuh, sehingga sistem organ di dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, air juga bisa membersihkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh. Karena itulah, kita disarankan untuk mengosumsi minimal delapan gelas air putih per hari.