Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Alasan Lansia Perlu Rentang 28 Hari Untuk Vaksinasi Covid

COVID-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia , dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun seiring pertambahan usia. Dalam proses verifikasi, peserta diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengkonfirmasi domisili sertascreening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita. Jika terkendala jaringan, maka proses registrasi dan verifikasi dapat dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di kecamatan.

Di situs , calon peserta lansia bisa mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu dan sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di situs yang dikelola Satgas COVID-19. Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia hyperlink atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Pada awalnya vaksinasi lansia yang sudah dilakukan baru dimulai untuk profesi tenaga kesehatan.

Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. Setelah tim medis menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh, vaksin akan bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit itu untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya. Hal ini kemudian membuat tubuh selalu bersiap atas serangan penyakit yang sebenarnya karena sudah “ingat” organisme mana yang berbahaya dan perlu diberantas. Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa prognosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda.

Dalam konteks pandemi COVID-19, ada dua prioritas pertama yang harus divaksinasi menurut Windu. Yang pertama adalah kelompok yang berisiko tinggi untuk tertular virus, dalam hal ini para tenaga kesehatan, dan yang kedua adalah semua golongan yang berisiko tinggi mengalami kematian, dalam hal ini lansia 60 tahun ke atas dan punya penyakit penyerta. Serbia, salah satu negara bekas Yugoslavia dengan populasi 7 juta orang juga ngebut dengan program vaksinasi massal. Kuotanya mencapai 22 per a hundred orang (posisi 4/3/21) Menteri kesehatan Serbia, Zlatibor Loncar secara simbolis mendapat vaksinasi anti Covid-19 buatan Sinopharm, Cina di Beograd akhir Januari silam. Israel berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan kuota vaksinasi corona per kapita tertinggi sedunia.

Vaksin bagi lansia

Menurut Gaguk, vaksin Sinovac tahap dua termin ketiga sebanyak 830 vial diterima dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur pada hari Jum’at, 10 April 2021. Widyastuti juga menjelaskan, ragam tempat layanan vaksinasi di Jakarta bisa didatangi mulai dari Istana Presiden, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Kantor Walikota, Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan. Pemberian vaksin untuk lansia di atas 70 tahun disebutnya memerlukan “pertimbangan yang khusus” dan perlu “kehati-hatian.” Penny menyebut, knowledge hasil uji klinik Sinovac untuk lansia memang cuma sampai 70 tahun saja. Meski demikian, bukan berarti lansia di atas 70 tahun tidak boleh diberikan vaksin Sinovac.

Sampai saat ini ia masih aktif bekerja di Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, dan aktif pula menjalankan praktek di Smart Kid Clinic yang ia dirikan. “Untuk yang sudah terdaftar nantinya akan dipanggil oleh fasilitas kesehatan, dikonfirmasi sebelumnya melalui telepon, untuk dipastikan benar-benar sehat,” tuturnya. Begitu urusan administrasi dan pengecekan kesehatan beres, mereka langsung divaksinasi. “Cepat. Hanya beberapa detik. Tidak sakit,” kata Ibu tadi menirukan ayahnya. Begitu selesai, mereka diminta menunggu sekitar setengah jam untuk observasi.

Dia menambahkan, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait pengendalian penularan Covid-19 jelang Lebaran. KKP siap memberikan layanan kesehatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di sejumlah simpul transportasi di Lampung. Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan pun melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi calon penumpang kapal di pelabuhan. Kendati begitu, pihaknya tak memiliki kewenangan melakukan validasi karena pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Lampung lewat jalur darat tak disyaratkan menunjukkan surat bebas Covid-19. Di bandara, petugas melakukan validasi terhadap surat keterangan tes antigen Covid-19 yang dibawa calon penumpang.

Hasil uji klinis tersebut juga melaporkan tidak adanya efek samping serius pada penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia. Jika telah mendapatkan vaksin, lansia harus menunggu 30 menit di dalam mobil untuk observasi. Sebelum vaksin, lansia akan menjalani pemeriksaan skrining sesuai protokol Kemenkes guna memastikan kelayakan untuk mendapatkan vaksin Sinovac. Lansia yang tidak lolos skrining ini tidak boleh mendapatkan vaksin Sinovac. Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari.