Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Bila kekebalan saluran pencernaan baik, maka kekebalan tubuh secara umum juga akan baik. Dari banyak makanan sumber nutrisi yang dibutuhkan anak-anak, beberapa jenis di bawah ini merupakan sumber yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Kurma banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, kalium, gula, serta vitamin. Pisang juga sangat baik untuk sumber probiotik terutama untuk kita yang memiliki masalah pada lambung. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini diyakini dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

Sementara itu, zat gizi mikro memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh dan dapat bertindak sebagai antioksidan bila tubuh mengalami stres. Vitamin C, D, E dan Seng telah dikenal dapat mempengaruhi sel-sel imun tubuh. Kenali kebutuhan tubuh Anda sebaik mungkin untuk mengurangi masalah kesehatan pada lansia. Seiring bertambahnya usia, cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk lansia sangat penting untuk dibahas. Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Tak perlu berjemur lama-lama, selama 10 hingga 15 menit berjemur saja sudah cukup setiap harinya untuk meningkatkan imun tubuh dengan efektif. Jika stress tidak terkendali, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Semakin tinggi stress maka semakin sedikit antibodi dan sel darah putih di dalam tubuh, mengutip dari Kompas. Di period New Normal seperti sekarang ini, kita dituntut untuk terus beraktivitas.

Menghindari stress menjadi kunci utama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kondisi ini bila tak terkendali dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Beragam jenis olahraga bisa dipilih untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Disarankan memilih yang mudah dan tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, lari, dan lompat tali dengan waktu 30 menit.

Inflamasi yang kronis atau berat dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang bersifat anti-inflamasi, tubuh akan dapat melawan bakteri dan virus lebih efektif. Saat ini, belum ada penelitian yang mendukung penggunaan suplemen apa pun terlindung dari COVID-19 secara khusus.

Menurut sebuah penelitian, kurkumin berguna untuk mengurangi peradangan pada paru-paru dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Guna merangsang produksi darah putih yang bertindak sebagai pembunuh alami untuk patogen. Cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, adalah melalui konsumsi ramuan yang alami. Ada beberapa ramuan alami dari bahan rempah dapur yang sangat efektif dalam memerangi patogen yaitu mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Menaikan sistem imun

Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tak terlalu berat; seperti berjalan kaki, lari, hingga senam selama 30 menit setiap hari. Salah satu cara menjaga kekebalan tubuhkita adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain dari nutrisi dalam lauk-pauk harian, Anda bisa dukung dengan minum minuman penambah imun tubuh berupa jus alami yang terbuat dari buah dan sayuran segar.

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tubuh tetap terjaga. Sebaliknya, waktu tidur yang kurang akan menurunkan sistem imun tubuh. Sedangkan pada anak usia sekolah sampai remaja rata-rata membutuhkan waktu tidur 9-10 jam setiap hari, dan tentunya juga harus memastikan kualitas tidur dengan baik. Kualitas tidur yang baik adalah dengan tidak sering terbangun saat tidur, bangun di pagi hari dengan segar, serta dapat tidur dengan mudah 30 menit setelah berbaring. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka nantinya tubuh pun akan menjadi mudah untuk lelah.