Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Jokowi Tegaskan Harga Vaksin Mandiri Harus Terjangkau

Solopos.com, WONOGIRI — Perum Jasa Tirta terpaksa membuka pintu spillway Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri pada Minggu (eleven/four/2021) pukul 06.30 WIB. Pembukaan pintu spillway itu dipastikan bukan karena pengaruh dua kali gempa di Malang. Solopos.com, BOYOLALI — Sejumlah warga di Desa Pandean, Ngemplak, Boyolali, secara swadaya membenahi jalanan yang rusak, yakni di jalan Pandean-Kliwonan, Minggu (eleven/4/2021). Warga menutup jalan yang berlubang dengan semen dan pasir, karena khawatir membahayakan pengguna jalan. Solopos.com, SOLO — Pelaku balap liar yang terekam kamera di jl Slamet Riyadi Solo langsung menghilang seusai terlibat tabrakan dengan sesama pelaku balap liar, Minggu (eleven/four/2021) dini hari.

Ditegaskan dalam pasal 7 ayat four, jenis Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Mandiri harus berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program pemerintah. Pemerintah memiliki goal yang telah ditentukan dalam pendistribusian vaksin ke masyarakat. Terdapat 107 juta penduduk Indonesia yang akan menjadi prioritas vaksin Covid-19.

Jumlah kalori yang terkandung dalam croissant menjadi wajar karena bentuk dari kudapan ini memiliki beberapa layer dan tentu saja bikin perut kenyang. Nggak heran, karena jumlah kalori yang terkandung dalam satu buah croissant mampu memenuhi 15% dari kebutuhan kalori tubuh. Waffle Satu lagi kudapan asal Eropa yang menjadi primadona saat berkunjung ke kedai kopi atau work from espresso shop.

Meski begitu, harga pengadaan vaksin Covid-19 antara BUMN dan swasta berada pada angka wajar. Bambang menyatakan penggunaan vaksin Covid-19 dalam vaksinasi gotong royong akan dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. Maka itu, vaksin yang akan diimpor untuk vaksinasi gotong royong juga harus lolos uji BPOM dan mendapat izin penggunaan darurat ataupun nomor izin edar. tirto.id – Vaksinasi gotong royong atau vaksin mandiri direncanakan bakal menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm dan Moderna. Rencana ini diungkapkan Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari PT Bio Farma Bambang Heryanto pada Jumat (26/2/2021). Terkait hal tersebut, Rosan berharap harga vaksin dapat ditekan dengan banyaknya perusahaan yang berpartisipasi.

“Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” katanya. Informasi itu menyebutkan bahwa vaksin Sinovac mandiri seharga Rp600 ribu. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 yang terbit pada 24 Februari lalu, pemerintah resmi membolehkan vaksinasi mandiri. Biaya vaksinasi mandiri dibebankan kepada badan hukum/badan usaha yang menyelenggarakannya. “Jadi pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut. Kalau sudah diajukan , kami akan melihat dan menentukan harganya berapa,” ujar Budi Gunadi.

JawaPos.com–Pemerintah Kota Semarang mencadangkan anggaran sekitar Rp 50 miliar yang bisa digunakan untuk membeli vaksin Covid-19 jika dimungkinkan secara mandiri. “Jadi pemerintah akan memberikan acuan harga melalui Kementerian Kesehatan,” ucap Airlangga. Biaya produksi vaksin dan distribusi dalam negeri juga jadi pertimbangan.

Di Indonesia sendiri saat ini memutuskan untuk memberikan vaksin gratis untuk warga masyarakatnya. Ada pula beberapa negara yang memberikan subsidi harga agar harga vaksin tersebut dapat dijangkau oleh warganya. Anggota Komisi IX DPR Kurniasi Mufidayati keberatan dengan pengelompokan masyarakat dalam skema vaksinasi mandiri yang dibuat pemerintah.

Adapun distribusi dan penyuntikan vaksinnya dilakukan oleh Bio Farma dan pihak swasta, agar tidak membebani fasilitas kesehatan yang digunakan untuk melakukan vaksinasi free of charge. Yang jelas merek vaksin akan berbeda dengan yang vaksin gratis dari pemerintah. Untuk saat ini kami belum mendapatkan arahan dari pemerintah terkait harga dan jenis vaksin yang akan diberikan.

Harga vaksin mandiri

Untuk hal tersebut, kami akan menghubungi perusahaan apabila kami sudah mendapatkan stok vaksin tersebut. Sesuai dengan Peraturan Presiden berkaitan dengan pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19, IHC dan Grup RS di bawahnya tidak memiliki wewenang dalam pengadaan vaksin. JAKARTA – Beredar foto di media sosial yang dirilis Rumah Sakit Pelni perihal harga vaksin Covid-19. Moderna menargetkan memproduksi 600 juta sampai 1 miliar dosis vaksin pada 2021. Produksi vaksin Moderna dilakukan di AS, Swis, dan Spanyol, demikian dilaporkan Financial Times.

Sementara itu, Pemerintah Kota Semarang akan menutup sembilan ruas jalan di Ibu Kota Jawa Tengah itu pada waktu-waktu tertentu saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mulai eleven hingga 25 Januari. Wali kota menyatakan siap untuk menjadi orang pertama di Kota Semarang jika akan divaksin Covid-19. “Dari awal dan saya minta harganya bisa terjangkau,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 26 Oktober 2020.