Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Penerima Vaksin Covid 19 Tetap Bisa Tularkan Virus Corona, Mengapa? Halaman All

Itu bisa jadi alat bantu penting untuk menjembatani periode berbahaya, sampai kita memiliki vaksin spesifik yang efektif,” ujar Dr. Mihai Netea dari Radboud University Medical Center di Belanda. Dia berharap, seluruh masyarakat dapat selalu mematuhi protokol kesehatan saat beribadah yang sudah dikeluarkan dengan 3M dan prokes lainnya. “Petunjuk itu yang harus dijalani, prinsipnya tidak perlu takut untuk divaksinasi, kalau ragu berkonsultasi dengan dokter saat tiba waktunya divaksinasi,” ujar dr. Tonang.

Vaksin dapat menangani Covid

Survei tersebut menunjukkan bahwa optimisme serta tekad kuat dari publik untuk bangkit melawan Covid-19 masih sangat besar. Berkaca dari negara tetangga seperti Thailand dan Kamboja, keduanya sepakat menolak penggunaan vaksin Sinovac yang dibanggakan pemerintah Indonesia. Kedua negara tersebut beranggapan bahwa Sinovac hanya digunakan pada negara-negara berkembang saja. Oleh karenanya, jangan heran jika timbul pandangan bahwa Sinovac merupakan vaksin yang belum rampung sepenuhnya. Publik lebih memilih untuk bersabar dan menunggu vaksin hasil buatan Indonesia, vaksin Merah Putih.

Saat sedang berbelanja di pasar, mulai kembali masuk kantor, ataupun sedang di space publik seperti halte dan taman. Jangan lupa untuk selalu pakai masker segera mandi dan ganti pakaian saat sampai di rumah. Berikut ini adalah rumah sakit yang menjadi rujukan untuk pasien dengan standing Pasien dalam Pengawasan. Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat terlebih dahulu seperti klinik/rumah sakit umum sebelum akhirnya dapat dirujuk ke rumah sakit khusus di bawah ini. Kasus dikatakan discarded apabila orang dengan status kontak erat telah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari. Orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau terkonfirmasi COVID-19.

Dengan pemahaman masyarakat yang baik terhadap vaksin, upaya untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity akan lebih mudah. Terkait manfaat vaksinasi, berdasar penjelasan di situs covid19.go.id, edukasi publik menjadi masalah yang perlu dilakukan. Bahkan, bila diberikan secara massal, vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok dalam masyarakat. Jika seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

Ia menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan ada 2 jalur kerjasama dalam mengadakan kandidat vaksin Covid-19. Yaitu hasil kerjasama bilateral/multilateral dan pengembangan vaksin Merah Putih. Untuk vaksin Merah Putih merupakan hasil kerjasama perguruan tinggi dan lembaga penelitian yang ada di Indonesia.