Usaha yang dilakukan pada saat pandemi

Vaksinasi Covid

Agar kualitas dan manfaatnya tetap terjaga dan efektif, vaksin idealnya disimpan di tempat bersuhu dingin, yaitu kulkas atau kotak es dengan suhu sekitar 2–8o Celsius atau -15–5o Celsius. Pengawasan mutu dan keamanan vaksin bukan hanya dari proses perizinan, tetapi juga pengawalan dan pengelolaan vaksin terkait penyimpanan dan pengiriman vaksin ke seluruh wilayah Indonesia. Layaknya obat dan vaksin lainnya, pengembangan vaksin COVID-19 harus melalui tiga tahap uji klinis. Setelah memenuhi ketiga tahap uji klinis tersebut dan dinyatakan efektif serta aman digunakan, vaksin COVID-19 baru bisa mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Namun, perlu diingat juga bahwa upaya pencegahan COVID-19 tersebut tentunya tetap harus disertai protokol kesehatan, misalnya dengan selalu menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan atau tempat yang ramai, mengenakan masker, dan rajin mencuci tangan. Jika Anda habis berlibur atau berada dalam situasi yang berisiko tinggi, usahakan untuk melakukan tes PCR atau setidaknya rapid take a look at antigen, dan lakukan karantina minimal 1 minggu meskipun hasil tes menunjukkan negatif.

Vaksin dapat menangani Covid

Kemudian, di setiap tahap dapat ditambahkan uji pada kelompok risiko sehingga diperoleh profil yang lebih lengkap tentang seberapa efektif vaksin di berbagai demografi yang berbeda. Sebagai contoh, vaksin Sinovac yang diuji klinik pada fase III di beberapa negara seperti Brazil, Cili, Filipina, Indonesia, dan Turki melibatkan lebih dari 20.000 relawan, tentu saja dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan. Selain itu, produsen biasanya menunggu sampai calon vaksin mereka lolos uji klinis dan melewati semua peraturan sebelum meningkatkan fasilitas produksi. Kondisi ini dapat menambah lamanya waktu yang dibutuhkan sebelum vaksin tersedia.

“Kadang-kadang banyak masyarakat meragukan vaksin, bahkan dalam survei baru-baru ini disebutkan di media atau satu institusi bahwa yang percaya vaksin Sinovac yang akan beredar di Indonesia hanya forty seven persen,” ungkap Neni. “Untuk mendapat herd immunity itu 170 juta kali dua jadi 340 juta vaksin. Tidak cukup memang, kekurangannya nanti dengan impor dari vaksin yang sudah jadi,” ucap Neni. Project Integration Manager R&D PT Bio Farma Neni Nurainy menilai pentingnya kehadiran vaksin guna mengatasi penyebaran Covid-19. Neni menjelaskan, manfaat vaksin dapat mengurangi atau mengontrol mortalitas, morbidititas, hingga komplikasi. ” ini sesuai dengan strategi vaksinasi vaksin Covid-19 di wilayah Bodebek dan Bandung Raya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah. Sedangkan Kabupaten Bekasi mengusulkan 2,33 juta warganya untuk menerima vaksin Covid-19.

Joe Biden pada Senin mengatakan akan lebih banyak orang yang meninggal jika Presiden Donald Trump terus memblokir transisi kekuasaan AS karena pandemi virus corona memburuk, dan dia mendesak Kongres untuk mengeluarkan undang-undang bantuan baru. TEMPO.CO, Jakarta – Ketika Moderna Inc mengumumkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan selama pemerintahan Donald Trump efektif ninety four,5 persen, harapan virus corona bisa dikalahkan lebih cepat mulai memunculkan optimisme. Tarik-menarik pendapat di atas disebabkan karena mempertentangkan hak privat dan hak publik. Di satu sisi, hak individu untuk menolak setiap intervensi medis dijunjung tinggi. Di sisi lain, hak publik secara umum untuk mendapatkan keamanan dari penularan penyakit seakan mematikan hak individu untuk menolak intervensi medis.

Dalam kesempatan tersebut, Iskandar mengimbau kepada seluruh karyawan SPH agar dapat mengikuti vaksin COVID-19 jika telah mendapat jadwal. Ia juga mengingatkan bahwa SPH merupakan bagian dari nakes, sehingga dapat menjadi contoh dan memberikan edukasi pada masyarakat jika dilakukan secara efektif dan sebaik-baiknya. Jika telah nampak hasil yang bagus dari nakes, lanjutnya, ia yakin nanti masyarakat tak perlu merasa takut atau ragu untuk mendapat suntik vaksin COVID-19. “Sebenarnya saat pendaftaran saya adalah orang pertama yang rencananya akan disuntik vaksin , namun ternyata kadar tensi darah saya tidak begitu bagus sehingga saya benar-benar harus beristirahat sejenak.