Yuk, Kenali Lebih Jauh Vaksinasi Covid

Written by Lesai on February 14, 2021 in LIP with no comments.

Sistem kekebalan tubuh anak berbeda dari orang dewasa dan dapat sangat beragam bergantung pada usianya. Saat ini, vaksin COVID-19 yang disetujui WHO tidak disarankan untuk diberikan kepada anak yang berusia di bawah tahun , meskipun anak itu termasuk kelompok berisiko tinggi. Anak-anak tidak disertakan dalam uji klinis awal vaksin COVID-19, sehingga saat ini informasi tentang keamanan dan efikasi vaksin terhadap anak di bawah usia sixteen tahun sangat terbatas atau tidak ada.

Jika suatu vaksin terbukti aman dan efektif, vaksin tersebut harus disetujui oleh regulator nasional, diproduksi dengan standar yang sangat ketat, dan didistribusikan. WHO bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk membantu mengoordinasikan langkah-langkah kunci di dalam proses ini. Setelah vaksin yang aman dan efektif tersedia, WHO akan berupaya untuk memfasilitasi akses yang setara bagi miliaran orang yang membutuhkan vaksin tersebut. Namun, jika memang tidak tersedia dosis kedua dengan jenis vaksin yang sama, sebaiknya tetap menerima vaksin yang tersedia.

Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi. Sampai saat ini, ada lima jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui rentang periode jangka panjang dari perlindungan vaksin COVID-19. Apabila setelah dosis pertama sasaran terinfeksi COVID-19 maka dosis pertama vaksinasi tidak perlu diulang tetap diberikan dosis kedua dengan interval yang sama yaitu 3 bulan sejak dinyatakan sembuh. Orang yang memiliki riwayat alergi berat setelah divaksinasi COVID-19 sebelumnya maka vaksin tidak dapat diberikan.

Apakah vaksin covid efektif

Target kami adalah memastikan whole 2 miliar dosis siap diberikan pada akhir 2021. Dosis vaksin dialokasikan kepada negara-negara yang berpartisipasi dalam COVAX Facility; alokasi dilakukan secara proporsional terhadap complete populasi negara. Terkait berkurangnya efektivitas vaksin setelah 6 minggu sejak vaksinasi lengkap, Indra hal tersebut merupakan mekanisme yang regular. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19.

Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 600 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin COVID-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin COVID-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus COVID-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin COVID-19 terlebih dahulu. Saat ini para peneliti lembaga pemerintahan bidang kesehatan, para ilmuwan bekerja keras mengidentifikasi varian virus baru melalui whole genome sequencing atau cara melihat identitas virus. Yang kemudian dikumpulkan melalui Global Initiative on Sharing All Influenza Data , untuk mendalami pengaruhnya terhadap perilaku virus tersebut.

Ahli mengkhawatirkan varian COVID B.1.351 bisa menurunkan efektivitas vaksin yang sudah ada. Berbagai negara terus berupaya menggenjot program vaksinasi COVID-19 untuk warganya, dengan harapan kekebalan kelompok atau herd immunity bisa terbentuk sehingga pandemi bisa segera usai. Pemberian vaksin COVID-19 merupakan salah satu upaya yang dinilai Situs Judi Slot efektif untuk memutus rantai penularan virus Corona. Sebagian besar jenis vaksin COVID-19 yang digunakan saat ini memerlukan dua kali dosis penyuntikan. Lebih lanjut, Indra menambahkan bahwa vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini adalah sudah terbaik. Hal ini dikarenakan bisa menjadi solusi untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.

Comments are closed.